Cara Menggabungkan Beberapa Blog Menjadi Satu

Cara Menggabungkan Blog ( Tips Eksport, Import dan Hapus Blog)


Blogger.com adalah tempat di mana kita bisa membuat blog sekehendak kita dengan gratis, maka jangan heran jika ada jutaan blog berbasis blogger yang tersebar di dunia maya dengan berbagai macam tema. Mulai dari tema pendidikan, kesehatan, keagamaan, sosial, politik, ekonomi, tutorial, humor, cinta, keluarga, teknologi, gadget, software, musik, video dan masih banyak lagi yang lainnya.




Karena fasilitas gratis inilah banyak dari pengguna blogger memiliki lebih dari satu blog, saya sendiri mempunyai puluhan blog. Tentu dari sekian banyak blog yang kita buat ada yang kurang terurus (kurang update), sehingga blog kita dibiarkan dalam waktu yang lama, sehingga terkesan blog tersebut ditinggalkan oleh sang empunya.


Kasus blog terbengkalai yang saya jumpai banyak, ciri-ciri dari blog tidak terurus adalah tanggal terakhir posting, jika menemukan blog yang terakhir update tahun 2014 atau 2015 ke bawah, kemungkinan besar blog tersebut sudah tidak dilirik oleh pemiliknya. Banyak faktor, misalnya sibuk dengan pekerjaan yang lain, sibuk dengan blog lainnya dan bisa jadi dia sudah tidak ada niat untuk mengupdatenya.

Nah, bagi sobat yang mempunyai banyak blog, dan semuanya sudah ada isinya, tetapi hanya satu sampai dua blog saja yang selalu diupdatenya, dan ingin menggabungkan blog-blog yang sudah dibuatnya menjadi hanya satu blog saja, berikut langkah-langkahnya

Begini Cara menggabungkan beberapa blog menjadi satu blog saja;
Teknik ini sama dengan cara ekspor dan import blog yang sudah cukup masyhur dikalangan para pengguna blogger, jika anda tertarik untuk mempraktekannya ikuti langkah-langkahnya.

Penting, misal jumlah blog anda 5 dengan nama blog A, B, C, D, E dan ingin digabung menjadi satu ke dalam blog E semua, maka berikut urutannya
1. Masuk ke akun blog A
2. Kemudian klik Setelan dan klik lainnya:


3. klik cadangkan konten


4. Klik simpan ke komputer



5. Tunggu beberapa saat, sampai file yang ada di dalam blog tersebut selesai terunduh.
6. Jika sudah selesai maka file unduhan itulah yang akan kita masukan ke blog E.
7. Nah, sekarang kita masuk ke akun blog E kita 
8. caranya sama seperti no 2, klik setelan klik lainnya
9. kemudain klik import konten


10. Nah, di sini kita akan diarahkan untuk memilih file yang tersimpan di komputer kita, pilihlah file hasil unduhan ketika mengklik tombol Cadangkan konten ( lihat cara no 3)


11. lakukan setiap langkah dengan cermat, setelah anda klik import dari komputer dan memilih file, tunggu beberapa saat, hingg proses selesai, dan jika sudah selesai otomatis anda akan dibawa pada halaman dashboard blogger, itu berarti penggabungan blog A ke E sudah selesai

12. jika konten blog A sudah dipindah ke blog E, maka agar tidak terjadi duplikat konten sehingga merugikan blog kita sendiri, maka hapuslah blog A yang sudah tidak terpakai tersebut, caranya:

13. masuk ke akun blog A, klik setelan klik lainnya, lalu klik hapus blog


14. ok, langkah penggabungan blog A ke E sudah selesai, begitu juga dengan proses penghapusan blog A.

15. dan untuk cara menggabungkan blog B, C, D ke E langkahnya sama dengan cara penggabungan A ke E, Setelah sukses, lalu hapus blog B, C, D dengan langkah yang sama ketika menghapus blog A.

Sekian artikel tentang Cara menggabungkan beberapa blog menjadi satu. semoga berhasil